DENDANG DAGING
Pameran Tunggal Loranita Theo

22 April – 15 Mei 2008

\" Daging Gantung . 185 x 110 cm , Acrylic on Canvas, 2008 \"
Tempat:
Cemara 6 Galeri
Jl. HOS. Cokroaminoto No: 9 – 11. Menteng
Jakarta 10350

Pembukaan:
Selasa , 22 April 2008
Jam 19.30 WIB

Diresmikan oleh :
Tisna Sanjaya, Perupa dan Dosen di FSRD-ITB

Loranita Theo (Nita) menghadirkan beragam citra lukisan tentang suatu dari keseharian bahkan menjadi bagian dalam tubuh mahluk hidup : Daging. Namun citra daging – daging dalam pandangan Nita menjadi berbeda, baik penggarapan secara visual maupun maknanya. Daging sebagai organ tubuh manusia atau mahluk hidup lain merupakan elemen penting karena daging berfungsi sebagai pengikat organ-organ tubuh yang vital, seperti tulang, urat syaraf maupun lainnya. Daging menjadi pelindung dan sekaligus membentuk dasar tubuh sebelum bagian terluar, yakni lapisan kulit. Daging bisa dilihat sebagai aspek perantara ruang internal maupun eksternal dalam konteks anatomi tubuh.

Bagi Nita seonggok daging mentah adalah suatu yang menjijikan dan membuatnya traumatik sejak kecil. Bahkan beberapa lama ia tak bisa mengonsumsi makanan dari daging. Pengalaman ini mungkin juga dialami oleh banyak orang, namun kemudian ia justru menghampirinya, menelaah dari dekat, menjadikannya subyek utama lukisannya. Melukiskannya menjadi semacam terapi terhadap rasa jijik itu, mengobati rasa takutnya sendiri. Daging mentah seolah menjadi suatu penolakan terhadap kenyataan yang ada didalam tubuh kita , seperti benda asing atau sang lain ( the other / alien ) yang bersemayam didalam diri kita sendiri. Nita menanggulanginya dengan jalan pendekatan artistik, mengakrabi tiap potensi yang ada pada permukaannya.

daging-dombret-100-x-135-cm

Curriculum Vitae
Loranita Theo, lahir di Medan tahun 1970. Setelah lulus dari seni lukis , Jurusan Seni Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB tahun 1999, ia kemudian tinggal di kota kecil Jatiwangi. Sejak masih terdaftar sebagai mahasiswi. Nita banyak mengikuti berbagai loka karya dan pameran bersama di Bandung dan Jakarta, namun beberapa tahun sempat vakum berpameran. Pada tahun 2005, bersama suami dan teman-temannya di Jatiwangi mendirikan Jatiwangi Art Factory (JAF), sebuah kelompok yang berinisiatif membuat beragam kegiatan artistik. JAF sempat berpameran di Galeri Kita Bandung tahun 2006 dan pada tahun 2007 lalu mengikuti video festival OK di Galeri Nasional Indonesia. Tahun yang sama kelompoknya mengikuti pameran Tanda Kota di TIM-Jakarta. Pameran Dendang Daging, merupakan pameran tunggalnya yang pertama secara individual.

Informasi lebih lanjut:
Etty, 021-3911823. E-mail: info_cemara6@yahoo.com
Situs: https://cemara6galeri.wordpress.com/